Langsung ke konten utama

Cara kerja mesin jet

Sebelum nya kita mau mengucapkan terimakasih sudah mau mampir ke channel youtube kita, terlebih mau mampir ke blog ini. Untuk penjelasan di video kita pasti sangat banyak kurang nya yang kurang di mengerti. oleh karena itu di isi postingan kali ini kita akan memposting point penting yang bisa kita share ke kalian semua, yang merasa penasaran dengan kinerja mesin turbine ini, berikut adalah beberapa comment reply yang di berikan ke video kita untuk membantu menjelaskan, secara detail.



Blade/turbine intake bagian dalam
namanya disebut Centrifugal Compresor .... Cumbustion Chamber = Ruang Pembakaran .. sudah ada loh bahasa Indonesianya ... Fuel = Bahan Bakar ... Trush = Daya Dorong .. Nah yang di sebelah kanan Ruang Pembakaran aadalah Exhaust Turbine ... Nah ini yang selalu disebut TURBIN. Fungsi Spiral itu ..HANYA sebuah gambar yang mudah dilihat oleh mata manusia walaupun putaranny sangat kencang... mata / kamera bisa memandang bahwa mesin / fan .. berputar ,,
info dari Dhanny Dhuzell Najwa Studio


Prinsip dasar kinerja mesin jet turbine
Actually untuk mesin turbine baik turbo fan,turbo jet,turbo prop,turbo shaft sama....b3da thrust yg di hasilkan saja......nah untuk bagian bagian besarnya ada fan inlet atau compressor,combustion chamber/core module,turbine section.....nag untuk di mesin jet sample yang di display di sini bagian depan ada electric motor yg berfungsi sebagai starter....ketika starter ini di nyalakan atau berputar maka fan inlet atau compressor menghisap udara untuk di mampatkan di dalam combustion chamber,,,,ketika air pressure di combustion chamber memenuhi sarat yg di tentukan maka fuel spray akan memasok fuel ketika air fuel mixing sudah sesuai dengan yg diperlukan engine maka igniter mengeluarkan api sebagai pemicu awal sehingga terjadi pembakaran di dalam combustion chamber,,,,sesuai hukum fluida ketika suhu meningkat maka terjadi expansi gas yang menimbulkan tekanan....tekanan gas yg dihasilkan sebagian digunakan untuk memutar turbine sebagian lagi sebagai daya dorong atau thrust......nah hasil putaran turbine di salurkan menggunakan shaft ke compressor sehingga siklus berulang......ketika sudah terjadi pembakaran asalkan supply udara dan fuel ada maka enggine turbine akan selalu menyala.......untuk system pendingin menggunakan air flow yg di hasilkan oleh compressor.....jika di engine turbo fan menghasilkan cool jet and hot jet,,untuk turbo prop dan turbo shaft menghasilkan putaran propeller atau rotor...
info dari ubbay fadhil
Cara Proses start engine mesin jet (Prinsip dasar nya)
Ada yg make electric motor kek engine pesawat sukhoi,ada yg menggunakan engine turbin yg ukurannya lebih kecil kel di F 16,boeing,dll,ada juga yg pake gas pressure kek engine allyson t 56,j 85,dll.....intinya harus bisa membuat tekanan gas di core atau combustion chamber sesuai dengan yg dibutuhkan engine


Proses pembakaran Mesin jet
hehe busi itu hanya untuk start awal saja ... saat turbin putarannya sudah cukup, bahan bakar disemprotkan,lalu mulai dinyalakan dengan busi khusus jet. Kemudian mesin melakukan pembakaran sepertibiasa ... Tentang panas tentu saja jadi masalah ... tapi pendinginnya bisa didapat dari aliran udara dgn desain aerodinamikan yang baik. Termasuk juga pendingin bearing dengan oli..
info dari Dhanny Dhuzell Najwa Studio



Thanks buat yang sudah mau berbagi, semoga informasinya bermanfaat buat yang menonton,

Jangan lupa subscribe channel Youtube kita yah
Click for Subscribe

Komentar

  1. Bermanfaat banget bang..keren..sebenernya dr awal sy sk channel abang krn gado2 tp bnyk ngsh info br dan suara bikin tertarik buat denger..tp berhubung wwatch ngadain GA yg hadiahnya iphone.jd ikutan deh.sbnrnya sy g bgitu bth iphone,sy cm bth pengganti tab sy yg srg hang.siapa tau rejeki..krn jujur sih g da uang buat beli gnt tab br.krñ hp jg msh pk hp tulit2 yg tahan banting.krn klpn ada uang lebih msh buat kbthn dua bocil yg bnyk bgt,jd ikutn krn brhrp bs dpt buat gntiin tab..amin smoga rejeki.tp pyur sy sk bgt sm channel abang yg ngasih bnyk bgt pengetahuan..g cm iphone tp jg lain2..thanks bgt bang

    BalasHapus
  2. thumbs up buat blognya bang. walaupun ane belum memahami semuanya. kalo mesin motor tau bang saya :D soalnya dulu waktu kelas x ada materi kelistrikan mesin, kerja mesin motor ama cara kerjanya PLTA menghasilkan listrik dari arus air tapi sekarang udah agak lupa :D hehehe

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Ada yg perlu di ralat dlm penjelasan anda, dinamo berguna sebagai star up untuk melakukan proses pembakaran pd ruang combustion. Begitu terjadi pembakaran dan putaran mesin maka fungsi dinamo akan off. Turbin kedua setelah ruang pembakaran berguna untuk menangkap arus gas sembur dari pembakaran, adanya gas sembur itu memutar turbin kedua yg sekaligus juga memutar turbin pertama di depan. Sehingga turbin pertama akan bekerja menghisap udara untuk di manpat / dipadatkan ke ruang pembakaran. Semakin kuat putaran turbin kedua maka semakin kuat pula putaran turbin pertama menghisap udara. Dalam hal ini besar kecilnya semprotan nozzle fuel / bahan bakar sangat mempengaruh terhadap besar kecilnya ledakan di ruang bakar yg berarti juga berpengaruh pada besar kecilnya seburan da berpengaruh terhadap cepat lambatnya putaran turbin kedua dan pertama. Dalam hal ini hubungan kerja itu saling berkaitan erat. Jika putaran turbin pertama dan kedua tidak berhubungan dan turbin pertama masih dan mengandalkan putaran dinamo maka ada resiko semburan gas buang membalik ke depan, serta dinamo akan terbakar oleh rpm turbin yg sangat tinggi. Dalam hal ini hukum perhitungan mekanika fluida sangat berperan.
    Kesimpulan 1. Dinamo berfungsi hanya star up sama seperti starter mesin.
    2. Putaran turbin kedua adalan penangkap semburan gas buang sekaligus penggerak turbin pertama.
    3. Besar semburan fuel berpengaruh pada besar thrust dan berpengaruh pada rpm turbin.
    Demikian.. terima kadih... maaf jika tidak berkenan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

iPhone stuck iTunes

Click for Watching this video STUCK ITUNES kenapa bisa stuck itunes, sudah di bahas yah di dalam video ini, yang belum tonton dulu yah. Jadi stuck itunes itu pada dasarnya ada 3 penyebab, kesalahan software, kesalahan hardware, kesalahan software dan hardware. Berikut adalah list indikasi stuck itunes yang katagori worth to buy: Stuck iTunes gagal update OTA/PC Stuck iTunes Hardware issues, baterai drain, koslet flexible saat membongkar Stuck iTunes putus loading karena daya/baterai habis Stuck iTunes sebelum nya stuck logo apple dan di recovery Stuck iTunes salah pasang jenis parts example(home button 6s di pakai ke 6 biasa) Stuck iTunes sehabis jatuh (butuh relasi tempat/rekan servis di bidang IC) Stuck iTunes di update karena sering restart Stuck iTunes karena finger print off (cek posisi flex saat membeli) Stuck iTunes terkena air dan di restore (belum di keringkan bagian dalam nya) Stuck iTunes sehabis ganti LCD dan di restore Stuck iTunes kamera off depan belak

iPhone restart

indikasi utama Perlu di ketahui bahwa setiap iPhone 6/6+ peletakan ic nya tidak jauh berbeda posisi desain nya. Buat kamu pengguna iPhone dan mengalami masalah seperti ini hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah umur dari iPhone kamu. Jika kamu beli dari baru BNIB kamu tinggal cek struk pembelian saja pada bulan berapa dan tanggal berapa, ini khusus resmi indonesia atau garansi singapore, untuk distributor ini tidak berlaku. Setelah kamu cek dan tafsirkan apakah sudah sampai 2 tahun unit iPhone yang kamu pakai? jika saudah menyentuh 2 tahun itu hal wajar karena baterai iPhone biasa nya tahan sampai 3 tahun, tapi untuk pola hidup moderen jaman sekarang saya rasa sehari bisa 2x cas, intinya pemakaian baterai sangat agresif. Ciri ciri restart karena baterai nya. restart saat di pakai. Di saat kamu lagi menggunakan iPhone kamu secara langsung restart dan booting dari awal, dan terkadang tidak akan masuk menu sebelum konek ke kabel cas an. Solusi nya.. Solusi nya adalah pengg

Jual iPhone 6 Plus cuman 1 jutaan

Click for Watching iPhone 6 Plus 1 juta an,...! Mungkin  ini terdengar aneh buat kamu yang bias membeli unit iPhone di tempat resmi, yang harga nya sangat paling teratas. Kenapa bisa murah? Yang pertama adalah persoalan servis, tidak semua tempat servis di seluruh wilayah indonesia mampu atau mau memperbaiki iPhone dengan rusak iC, Mungkin kalau replacement saja sudah banyak yang bisa. Jual murah karena minus. Yap seperti yang saya bilang tadi, bahwa unit di jual murah dan menjadi minus yang membuat unit iPhone tersebut anjlok karena tempat servis yang terbatas, untuk melayani kerusakan jenis ini. Oh iya buat kamu yang belum nonton silahkan tonton dulu, karena isi postingan ini adalah pelengkap dari isi video tersebut. Harga perbaikan beragam, ini berdasarkan riset kecil kecilan yah. iC touch iPhone 6/6+ jakarta dan sekitar nya 400ribu-1 jutaan ke atas bogor dan sekitar nya 600ribu - 800ribuan ke atas bandung dan sekitar nya 600ribu - 1 jutaan ke atas jogja dan se