Regulator Rectifier Atau yang biasa disebut Kiprok Adalah salah satu Komponen KelistrikanYangan Memiliki Peran Penting Pada sepeda motor.
Fungsi Kiprok adalah untuk Menahan dan Mestabilkan Arus Listrik Yang datang Dari spul kemudian diteruskan ke Aki.
Jika Kiprok Rusak alur Sistem Kelistrikan tidak akan berjalan baik,dan pada kendaraan sistem Injeksi Kelistrikan Punya posisi yang vital, Injektor bahan Bakar yang digerakan Oleh Listrik Tidak Akan bisa bekerja Maksimal,akibatnya sepeda motor mengalami mogok.
Ciri -ciri Kiprok Rusak
Sepeda Motor Brebet ketika dikendarai sepeda Motor Memang masih bisa menyala karena suplai Tegangan dari Kiprok ke aki tidak sempurna efeknya kendaraan sering mati atau brebet.
Motor Akan Sulit di Starter karena pasokan tegangan dari Kiprok tidak sempurna,Maka Aki sering Alami Drop dan Bisa berakibat kerusakan pada Aki jika tetap di biarkan.
Pada Saat Motor dalem keadaan Langsam ketika sudah beberapa menit motor menyala diraba oleh tangan Kiprok Adem adem saja itu berarti Kiprok sudah Rusak dan sebaliknya jika Kiprok normal maka ketika diraba akan terasa hangat dan makin lama akan terasa panas.
Lampu Kurang Terang dan Pada Rpm Tinggi Lampu mudah Putus jika itu sering terjadi sudah dapat dipastikan bahwa Kiprok/Regulator sudah Rusak.
Komentar
Posting Komentar